Akibat Gangguan Jiwa dalam Kurun Januari-Juni 2021, 390 Warga Jateng Dipasung

SOLO, KRJOGJA.com – Sepanjang tahun 2021, jumlah warga yang dipasung karena mengalami penyakit gangguan jiwa di wilayah Jawa Tengah mencapai 390 kasus sepanjang 2021. Dalam catatan Dinas Kesehatan Jawa Tengah, angka tersebut tersebar di 35 kabupaten dan kota.

“Jumlah warga dipasung di Jateng periode Januari hingga Juni 2021 sebanyak 390 kasus dan mereka tersebar di 35 kabupaten kota di daerah ini,” kata Kepala Dinkes Pemprov Jateng Yulianto Prabowo, di Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Se-dunia (HKJS) 2021 yang digelar, di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta,  Minggu (10/10/2021).

Menurut Yulianto Prabowo, pihaknya banyak mendapati orang yang dipasung tersebut karena gangguan jiwa. Untuk itu, mereka dipasung oleh keluarganya sendiri dengan alasan malu atau aib keluarga dan tidak dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD).

Jumlah kasus orang dipasung karena penyakit gangguan jiwa di Jateng pada 2020 mencapai 515 orang.

“Problema pasung ini, sangat banyak dan hampir semuanya sudah dibebaskan, tetapi setelah dilepas kemudian dilakukan pemasungan kembali oleh masyarakat,” kata Yulianto yang dikutip dari Antara.

BERITA REKOMENDASI