Aksi Kebangsaan Ribuan Mahasiswa UNS Bakal Pecahkan Rekor

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Sebanyak 8.639 mahasiswa UNS yang menggelorakan semangat kebangsaan dan mendeklarasikan penegakan ideologi Pancasila bakal memecahkan rekor Indonesia Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (Leprid). Acara student vaganza  itu bakal digelar pada hari Minggu (18/08/2019) di Stadion UNS.

 

"Gelaran untuk melakukan aksi kebangsaan di kalangan generasi milenial ini merupakan hal menggembirakan, di saat ada fenomena munculnya degradasi di kalangan generasi muda untuk memupuk nilai-nilai bhineka tunggal ika maupun menurunnya perilaku melestarikan nilai-nilai ideologi Pancasila di kalangan anak muda," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof Ahmad Yunus di kampus setempat, Sabtu (17/08/2019).

 

Prof Ahmad Yunus didampingi penasehat organisasi Gerak Cinta Merah Putih (GCMP) Sumartono Hadinoto dan ketua GCMP Maria Arbanu di kampus UNS mengatakan kegiatan sosialisasi aksi kebangsaan mahasiswa UNS dengan mengangkat tema Tangkal Radikalisme, Tegakkan Pancasila.

 

"Ada fenomena di kalangan sementara anak muda belakangan ini untuk mengakomodir ideologi selain Pancasila. Agar hal itu tidak berkelanjutan maka perlu dibangkitkan kembali rasa handarbeni dan memang telah terbukti ideologi Pancasila lah yang membuat Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang," ujar Prof Yunus.

 

Dalam rangkaian pengenalan kehidupan kampus bagi ribuan mahasiswa baru itu bakal ditandai dengan peluncuran lagu 'Pancasila Jiwa Kita'. Selain itu juga diteriakkan yell-yell dan pantomim kebangsaan dengan tema Pancasila Jiwa Kita bersama seluruh Mahasiswa Baru UNS 2019.

 

Acara yang digelar berkaitan dengan HUT Kemerdekaan RI ke -74 juga mengapresiasi kalangan disabilitas. "Juga digelar gerakan moral kebangsaan dengan bahasa isyarat oleh mahasiswa terbanyak dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74," papar Maria Arbanu.

 

Terkait pemberian rekor Leprid, Maria mengatakan even di UNS itu merupakan aksi kebangsaan tersebar yang melibatkan jumlah mahasiswa terbanyak. Leprid adalah lembaga independen yang mencatat prestasi insan Indonesia secara profesional, akuntabel dan transparan serta bermartabat. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI