Aksi Nekad Sopir Bus Ini Selamatkan Puluhan Rombongan PKK Sleman

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Tindakan sopir bus Karya Jasa AB 7468 AS bernama Much Alim (55) dalam menyelamatkan puluhan penumpang,  patut diacungi jempol, meskipun harus mengorbankan busnya.

Awalnya, bus berisi 55 penumpang itu melaju dari Sarangan,  Jawa Timur menuju ke Sleman, Yogyakarta dengan menuruni lereng Lawu, Minggu (6/11) sore. Sebenarnya, sopir asal Bletukan Rt 05/ Rw 17 Kalinegoro Mertoyudan, Magelang itu sudah memeriksa kondisi mesin dan memastikan sistem pengereman tak bermasalah sebelum membawa rombongan PKK menuju tempat wisata.

Saat sampai di Desa Nglebak,  Tawangmangu, sopir mengecek kembali kondisi sistem pengereman sambil menunggu penumpang ke toilet. Dari hasil pengecekan, ia merasa yakin perjalanan bisa dilanjutkan.

Tak diduga, bus hilang kendali saat di tikungan utara Desa Somokado, Tawangmangu. Sopir menginjak rem tapi bukannya melambat, laju bus malah kian kencang di turunan tajam. Khawatir menghantam kendaraan di arah berlawanan, sopir memilih membanting setir ke kiri sampai masuk ke pekarangan rumah warga di Dukuh Kranggean Rt 01/Rw II Desa Nglebak, tepatnya depan garasi PO Rukun Sayur.

"Bus akhirnya berhenti di pekarangan. Untungnya sopir bisa menguasai medan saat kondisi seperti itu. Tidak ada korban jiwa. Penumpang rata-rata kaum hawa," kata Kanitlaka Satlantas Polres Karanganyar,  Ipda Maryadi kepada wartawan, Minggu malam.

Usai mengalami kecelakaan tunggal itu, sopir langsung menghubungi perusahaannya agar dikirim bus pengganti Karya Jasa. Lalu lintas di rute lereng Lawu menuju Karangpandan sempat tersendat selama proses melangsir penumpang dan evakuasi bus. (R-10)

BERITA REKOMENDASI