Aktivitas Jualan PKL Manahan Dibatasi

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Aktivitas jualan pedagang kaki lima (PKL) eks Sunday Market Manahan, Solo di kawasan alun-alun kota Karanganyar dibatasi karena harus berbagi dengan PKL ber-Kartu Tanda Anggota (KTA) pedagang Sabtu Belanja.

"Lokasi jualan Pasar Sabtu Belanja di plasa alun-alun sudah penuh diisi eks pedagang Pasar Jumat. Itupun berdasarkan seleksi ketat dengan prioritas KTP Kabupaten Karanganyar. Tidak memungkinkan diisi lagi,” kata Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM, Budi Wahyono, Minggu (07/08/2016).

Dia mengakui kondisi itu membuat ketidaknyamanan saat berjualan dan dikuatirkan terjadi gesekan antar pedagang sehingga pemkab memberi kesempatan PKL eks Sunday Market berjualan namun selain hari Sabtu dan bukan di plasa alun-alun.

"Dipersilakan bagi siapa saja ingin jualan, agar mendaftar ke kantor dinas. Khusus untuk kedatangan PKL Sunday Market, kami menyiapkan petugas pendataan dan sosialisasi bagi mereka. Intinya, boleh berjualan asalkan hari Minggu. Itu pun di jalur lambat mulai BRI ke barat,” kata Budi.

PKL Pasar Sabtu Belanja, Suratmo mengaku tak khawatir rezekinya diserobot pedagang boyongan eks Sunday Market Manahan. Meski ia menyadari gelombang eksodus mulai menata diri di ruang-ruang kosong pasar tumpah. (M-8)

 

BERITA REKOMENDASI