Alumni UNS Dampingi Warga Buat Karya Seni dari Sampah Kertas

SOLO, KRJOGJA.com – Warga dusun Pelemsewu, Panggungharjo, Sewon, Bantul dibina membuat karya seni berbahan sampah kertas dan sampah tanaman. Itu dilakukan sejumlah alumni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang kini tinggal di sekitar kampus ISI Yogyakarta.

Produk seni dari hasil daur ulang kertas bekas masih memeiliki peluang di pasar. Biasanya, produk-produk dari daur ulang bahan bekas dijadikan suvenir dalam berbagai acara pernikahan dan ulang tahun. Sementara untuk berbagai produk lain masih terbuka lebar. “Karena produk buatan tangan (handmade) lebih eksklusif,” jelas Dyah Yuni Kurniawati, dosen FSRD UNS, Senin (05/10)

Karena itu para alumni mendorong warga Pelemsewu untuk mengolah limbah kertas maupun limbah tanaman menjadi kertas seni dan paper clay. Para alumni yang tengah menempuh studi lanjut di ISI maupun yang sudah bekerja sangat berminat. Sementara warga sangat berminat membuat produk-produk dari daur ulang bahan bekas.

Para alumni seperti Anis Kurniasih, Tahta Gilang, Tri Yuli dan kawan-kawan menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat dari para mantan dosennya. Mereka berkesempatan berkolaborasi bersama untuk menghasilkan karya-karya seni yang inovatif dan kreatif.

BERITA REKOMENDASI