AMPG Karanganyar Tanam 1.000 Bibit Alpukat, Ini Maksudnya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sebanyak 1.000 bibit pohon alpukat ditanam di wilayah rawan longsor di Desa Menjing, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar belum lama ini. Penanaman diinisiasi Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Kabupaten Karanganyar yang menggandeng relawan asal 17 komunitas. 

"Biar enggak longsor, perlu ditanam berbagai macam pohon. Jenawi terkenal pusatnya bercocok tanam pisang dan alpukat. Dengan misi peduli lingkungan, kita menanam. Karena itu keren," kata Ketua AMPG Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani.

Ia mengatakan gerakan penanaman pohon sengaja dimulai di musim penghujan. Alasannya, supaya pertumbuhan bibit tersuplai air secara instan dan kontinyu. Lokasi penanaman di Dusun Menjing, Desa Menjing yang merupakan area rawan pergerakan tanah. Diharapkan, pohon alpukat selain dapat dimanfaatkan buahnya juga menguatkan tanah.  "Biar enggak longsor, perlu ditanam berbagai macam pohon. Jenawi terkenal pusatnya bercocok tanam pisang dan alpukat. Dengan misi peduli lingkungan, kita menanam. Karena itu keren," katanya. 

17 komunitas yang diajaknya menanam pohon, diantaranya Memayu Rahayu Lawu, Gapoktan Lestari, KNPI Jenawi, dan Saka Bhayangkara. Sebelum memulai tanam, mereka berdialog di Balai Desa Menjing, dengan tema 'Gerakan Menanam 1 Orang 1 Pohon Tanam Sekarang Untuk Masa Depan'.

"Jelang tahun baru mari menanam pohon untuk masa depan anak cucu kita. Take the seed, plant a tree, save the world," lanjutnya. 

Menurutnya, ini kali pertama AMPG Karanganyar menginisiasi gerakan peduli lingkungan. Putra semata wayang Bupati Karanganyar Juliyatmono ini berencana mengagenda rutin kegiatan senada dengan melibatkan unsur pemuda.  Camat Jenawi, Rusmanto mengapresiasi peran aktif pemuda dalam menjaga kelestarian alam. 

"Mari kita jaga bersama alam kita. Air sangat dibutuhkan demi kelangsungan hidup. Tanam pohon juga berfungsi mengkonservasi air," katanya. (Lim)
 

BERITA REKOMENDASI