Ancaman Semakin Besar, Kemampuan Menembak Anggota Polri Perlu Terus Dilatih

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Lapangan Tembak Mako Subden 3 Den C Pelopor Satbrimob Polda Jateng di Gunung Kendil, Mojosongo, yang mempunyai fasilitas untuk latihan senjata laras pendek dan panjang, dinilai menjadi lapangan tembak yang paling representatif diantara lapangan tembak lain dibawah Polda Jateng untuk mengasah kemampuan menembak anggota Polri.

"Di Jateng, lapangan tembak ini saya lihat paling bagus. Cuaca enak dan kondisinya tenang. Ada juga fasilitas untuk simulasi penyerangan, misal untuk menanggulangi ancaman terorisme," kata Kapolda Jateng, Irjen Condro Kirono, saat peresmian Lapangan Tembak di Mako Brimob Gunung Kendil kendil, Mojosongo, Boyolali, Jumat (8/12/2017).  

Dijelaskannya, lapangan tembak adalah fasilitas strategis yang diperlukan untuk menjaga kemampuan membidik anggota Polri. Sebab selama ini, kemampuan membidik dan penggunaan senjata api anggota Polri hanya diterima saat pendidikan saja, sehingga perlu dijaga dan dilatih secara berkala agar kemampuannya tak tumpul. Terlebih tantangan yang dihadapi anggota Polri saat ini makin kompleks, semisal gangguan keamanan dimana pelakunya juga memiliki kemampuan dan memakai senjata yang canggih.

Sampai saat ini, lanjutnya, seluruh satuan Kompi Brimob di bawah Polda Jateng sudah mempunya lapangan tembak. Sementara untuk satuan selain Brimob di bawah Polda Jateng, hanya Polres Wonogiri serta di Sekolah Polisi Negara (SPN) saja yang sudah memiliki fasilitas lapangan tembak.

"Tak hanya untuk anggota kepolisian, anggota Kodim atau Koramil juga bisa memanfaatkan lapangan tembak ini," ujar Kapolda.

Dalam peremian lapangan tembak seluas 4.300 meter persegi yang juga memiliki fasilitas satu ‎long stage, tujuh stage tembak reaksi, serta satu shooting hause untuk simulasi penanganan penyanderaan dan kontra terorisme tersebut, dilakukan juga pertandingan antar Kompi di jajaran Satbrimob Polda Jateng, diantaranya kemampuan lintas alam, renang militer, serta kemampuan menembak senapan laras panjang. (Gal)

 

BERITA REKOMENDASI