Anggota KPPS Terpapar Covid Tidak Diganti, Ini Alasannya

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Ketua KPUD Wonogiri Toto Sihsetyo Adi menyatakan, pihaknya tidak akan mengganti Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tes Swabnya positif. Jika ada yang terpaksa tidak bisa bertugas karena menjalani isolasi mandiri sepuluh hari maka akan dibantu anggota KPPS terdekat.

Saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (7/12), Toto menuturkan bila dalam satu TPS masih ada 5 atau lebih anggota KPPS yang sehat, pemungutan suara di TPS itu masih bisa dilaksanakan. “Namun jika anggota KPPS yang tersisa kurang dari lima orang, maka kekurangannya akan diisi oleh petugas KPPS dari TPS terdekat,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, hasil tes Swab yang dilakukan kepada para komisioner dan staf kantor KPU Wonogiri sudah keluar, seluruhnya negatif Covid-19. Sehingga dia meyakinkan pemungutan suara Pilkada serentak 9 Desember mendatang di daerah Wonogiri aman. Masyarakat diminta menggunakan hak pilihnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Tidak perlu berkerumun karena calon pemilih sudah diatur jadwalnya,” imbuhnya. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI