Anies Kembali ke Hobi Lama Pelihara Burung

SOLO (KRjogja.com) – Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengaku ingin bersantai lebih dulu dan menggeluti aktivitas lama yang bersifat ringan, setelah terkena reshuffle. Mungkin dua atau tiga pekan ke depan baru memikirkan aktivitas yang bakal digeluti, termasuk kemungkinan kembali ke habitat kampus untuk mengajar.

Mumpung masih memiliki kesempatan luang, ujar Anies Baswedan, dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan kegiatan ringan, seperti mengantar anak ke sekolah serta meneruskan hobi memelihara burung. Kegiatan santai semacam itu, tambahnya menjawab wartawan, di sela menghadiri resepsi ngunduh mantu Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Solo, Senin (1/8/2016) malam, hampir tak bisa dilakukan ketika masih menduduki kursi menteri.

Sebelum diangkat menjadi Mendikbud, pria berpenampilan low profile ini hobi memelihara burung. Bahkan dia menyebut, aneka jenis burung dipelihara dalam jumlah lumayan banyak. "Saya biasanya membeli burung di pasar Ngasem Yogya, atau Pasar Barito di Jakarta Selatan," katanya sembari menyebut, tetapi setelah diangkat menjadi menteri, burung peliharaan tersebut diberikan kepada teman-temannya, karena tak lagi memiliki waktu untuk merawat burung.

Menjawab pertanyaan kemungkinan terjun dalam dunia politik, Anies hanya mengungkapkan, sejauh ini belum berpikir ke arah sana. Termasuk kemungkinan ikut berlaga dalam bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta ataupun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Anies hanya tersenyum dan berdalih tidak sedang memikirkan hal-hal seperti itu. "Ya, nanti dijalani satu per satu, sambil bersantai," jelasnya. (Hut)

BERITA REKOMENDASI