Antisipasi Kasus PMK, Ini Yang Dilakukan Polisi Wonogiri

Editor: Agus Sigit

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Penyakit mulut kuku (PMK) pada sapi lagi merebak di sejumlah wilayah terutama Jatim akhir-akhir ini. Karena daerah Kabupaten Wonogiri berdekatan dengan Jawa Timur maka jajaran Polres Wonogiri tidak ingin kecolongan penyakit pada sapi  itu dialami kalangan peternak di daerahnya.
Anggota Polsek Jatipurno dan Polsek Ngadirojo Wonogiri kompak melakukan pemantauan dan antisipasi kasus PMK di wilayah masing-masing, Rabu (11/5) siang.
Kanit Binmas Polsek Jatipurno Aiptu Mustafa Sri Agung Bersama Bhabinkamtibmas Desa Mangunharjo Bripka Ahmad Mursito memeriksa peternak sapi  milik  anggota DPRD Wonogiri, Suprapto (60) yang tinggal di Dusun Ngojati Desa Mangunharjo Jatipurno. Ada 6 sapi jenis lemosin yang di kandang milik anggota FPDI Perjuangan tersebut dinyatakan belum seekorpun terpapar PMK.
Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto SIK MSi melalui Kasi Humas AKP Anom Prabowo SH menjelaskan, jajaran Polsek Ngadirojo yang dipimpin langsung Kapolsek Wiyono SH, Rabu (11/5) sore,  juga melakukan pemeriksaan di rumah pemotongan hewan (RPH) milik Widodo, warga Manggis Ngadirojo Kidul Kecamatan Ngadirojo.
“Hasil pengecekan di RPH swasta  terkait merebaknya virus penyakit mulut dan kuku di Ngadirojo aman dan bebas dari penyakit alias sehat semuanya,” papar Anom.
Dia menambahkan,  ada 60 ekor sapi jenis simental dan lemosin di  peternakan milik Widodo itu  secara rutin selalu dicek kesehatannya oleh seorang dokter hewan. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI