Antisipasi Longsor Susulan, 6 Desa Zona Merah di Karanganyar Ditinjau

KARANGANYAR, KRJOGJ.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar menggali data terbaru di enam desa rawan longsor. 

Kepala Seksi (Kasi) Kebencanaan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD, Hartoko mengatakan enam desa itu Koripan di Matesih, Jatirejo dan Puntukrejo di Ngargoyoso, Dayu di Gondangrejo, dan Menjing serta Balong di Jenawi. Retakan, rekahan dan patahan tanah di enam desa itu terdetekai sejak beberapa tahun terakhir. Penanganan di sebagian desa itu telah dilakukan namun belum tuntas. 

"Prioritas pengecekan di enam desa itu. Pengecekan pada Sabtu-Minggu pekan lalu akan menghasilkan rekomendasi penanganan lebih serius. Semoga rekomendasi mitigasi bencana alam direspons cepat pemegang kebijakan dan anggaran di pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten," ujar Hartoko kepada KRJOGJA.com, Minggu (01/10/2017). 

Dia menjelaskan kebutuhan mendesak mitigasi bencana berupa penyadaran masyarakat di lokasi rawan. Salah satunya relokasi hunian ke tempat lebih aman. Ia berharap hal itu mengemuka di hadapan pemegang kebijakan saat pembahasan evaluasi hasil pengecekan enam desa. "Hasil rekomendasinya belum keluar. Namun opsi relokasi juga ada," katanya. (Lim)
 

BERITA REKOMENDASI