Antisipasi Pemudik, Tim Gabungan Sasar Kendaraan Luar Daerah

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Tim gabungan melakukan penyekatan di perbatasan di Jalan A Yani Kartasura atau tepatnya di Mapolsek Kartasura dengan sasaran kendaraan berpelat luar daerah sebagai antisipasi masuknya pemudik di wilayah Sukoharjo. Petugas melakukan pemeriksaan identitas diri, kelengkapan surat izin kendaraan dan kondisi kesehatan pendatang. Mereka juga wajib menjalani pemeriksaan rapid test antigen.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Selasa (20/4) mengatakan, penyekatan perbatasan dilakukan Polres Sukoharjo bersama tim gabungan lain seperti Kodim 0726, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo. Lokasi dipilih di Jalan A Yani atau di depan Mapolsek Kartasura. Wilayah Kecamatan Kartasura dipilih karena menjadi titik perbatasan dan pintu masuk dari daerah lain. Kendaraan dari Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Semarang, Klaten dan Boyolali masuk ke Kecamatan Kartasura masuk ke Sukoharjo dan daerah lainnya.

Petugas tim gabungan dalam penyekatan tersebut menyasar kendaraan berpelat luar daerah yang masuk wilayah perbatasan di Kecamatan Kartasura. Pemeriksaan dilakukan petugas terhadap pengemudi dan penumpang kendaraan berpelat luar daerah seperti kartu identitas diri, kelengkapan surat kendaraan seperti SIM dan STNK.

Terpenting juga pemeriksaan menyasar kondisi kesehatan pendatang. Mereka wajib memiliki dan bisa menunjukan hasil rapid test antigen kepada petugas. Apabila tidak maka para pendatang diwajibkan menjalani pemeriksaan rapid test antigen yang disediakan petugas tim gabungan di lokasi penyekatan.

Dalam penyekatan tersebut tim gabungan saat menghentikan kendaraan berpelat luar daerah juga meminta keterangan pengemudi dan penumpang mengenai alasan masuk wilayah Kartasura, Sukoharjo. Hasilnya diketahui ada beberapa pendatang luar daerah kedapatan masuk. Selain itu ada juga kendaraan berpelat luar daerah ternyata merupakan warga Sukoharjo atau daerah lain di wilayah Solo Raya.

“Polres Sukoharjo bersama tim gabungan sudah melakukan penyekatan perbatasan di wilayah Kartasura sebagai pintu masuk Sukoharjo. Petugas menyasar kendaraan berpelat luar daerah untuk dihentikan dan dilakukan pemeriksaan termasuk rapid test antigen,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI