Apeka Sambut Direktur Baru, Dituntut Kembangkan Sekolah Vokasi

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pendidikan vokasi di Akademi Peternakan Karanganyar (Apeka) diyakini mampu menyambut tantangan di era milenial. Sebab untuk bisa bersaing di dunia kerja selain membutuhkan tenaga intelektual juga berkompetensi. 

Demikian disampaikan Ketua Yayasan Apeka Karanganyar Surakarta Dr Ir Diwi Acita Irawati, MP kepada wartawan usai pelantikan direktur Apeka masa jabatan 2020-2023 di aula kampus Apeka Karanganyar, Selasa (31/12/2019). 

"Model pendidikan di Karanganyar harua siap dengan tantangan baru. Model sekolah vokasi ini sejalan dengan pak Nadiem (Mendikbud). Sing penting punya kompetensi," katanya kepada wartawan. 
Di yayasannya, ia mendorong sekolah dan institusi pendidikan tinggi bekerjasama dengan pemerintah desa. Di Apeka, pemdes merupakan mitra yang saling menguntungkan. 

"Desa memiliki APBDes. Di BKM, mahasiswa Apeka dilibatkan untuk mengedukasi usaha peternakan. Yang sudah bermitra itu Desa Beruk Jatiyoso," katanya. 

Ia juga mendorong mahasiswanya mengembangkan usahanya melalui teknologi. Jika perlu, usaha bidang peternakan itu dipasarkan secara modern melalui internet. "Dikemas secara baik kemudian di-online-kan sehingga lebih menjual," katanya. 

Sementara itu acara pelantikan menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar, Tarsa. Jabatan direktur diambil alih Ir Puji Astuti yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Ia menggantikan Darmayanto Widharto yang kini lengser menjadi dosen umum. 

"Direktur yang baru perlu sejalan dengan arah kebijakan pendidikan. Sekarang, menteri lebih menekankan kompetensi lebih untuk bersaing di dunia kerja," katanya. (Lim)
 

BERITA REKOMENDASI