Asrama BLK Karangpandan Siap Tampung OTG

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pemakaian dua hotel berbintang di Kabupaten Karanganyar untuk mengisolasi mandiri pasien Covid-19 tidak memungkinkan. Sehingga, beralih ke asrama Balai Latihan Kerja (BLK) Karangpandan.

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Karanganyar Martadi menyatakan asrama berkapasitas 120 tempat tidur sudah disiapkannya. Selama sepekan ini, lingkungan BLK masih dipakai pelatihan kewirausahaan dan berbagai kegiatan sejenisnya.

“Sebenarnya, kamar dan tempat tidur sudah siap. Hanya saja sampai Sabtu pekan ini masih dipesan penyelenggaraan kegiatan kewirausahaan. Pekan depan ready,” katanya kepada KRJOGJA.com, Kamis (10/12/2020).

Asrama BLK di sisi timur yang terpisah dengan kantor dan kelas pelatihan di barat. Sehingga, pengisian kamar para isolasi mandiri tidak akan mengganggu kegiatan BLK. Dulunya, asrama BLK pernah dipakai isolasi mandiri para tenaga kesehatan (nakes).

“Ruangan sudah dibersihkan begitu pula seprei dan kasur. Ada aula di lantai II yang bisa dipakai pula,” katanya.

Plt Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Purwati mengatakan masih menyiapkan prosedur standar isolasi pasien Covid-19 di BLK Karangpandan. Ia menyampaikan tidak semua orang terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani karantina di sana.

“Yang termasuk OTG (orang tanpa gejala) dan positif Covid-19. Mereka itu tidak memungkinkan isolasi mandiri di rumah. Mungklin karena rumahnya sempit dan terlalu banyak yang tinggal disana sehingga rawan penularan. Lalu di rumah itu ada komorbid, lansia dan ibu hamil atau bayi serta faktor lainnya,” katanya.

Sebelumnya, Pemkab Karanganyar berencana mengisolasi mandiri OTG di dua hotel berbintang. Namun kamar-kamarnya terlanjur habis dipesan tamu. (Lim)

BERITA REKOMENDASI