Asri Purwanti Ketua KAI DPD Jateng

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Advokat perempuan asal Solo, Asri Purwanti mencatat sejarah dengan terpilih sebagai Ketua DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) Provinsi Jateng periode 2019-2024.  Asri terpilih secara aklamasi, mengalahkan tiga kandidat lainnya, dalam Musyawarah Daerah (Musda) DPD KAI Jateng yang digelar di Hotel Lor In, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (3/8). 

Ditemui usai acara, Asri mengatakan, ada dua prioritas yang akan dikerjakannya melalui organisasi, usai dilantik menjadi Ketua DPD KAI Jateng.  "Prioritas pertama melakukan pendampingan dan pengawalan aspek hukum dana desa. Sebab, dana yang dikucurkan pemerintah pusat itu sangat besar. Miliaran. Itu uang rakyat, uang negara yang harus dikawal, agar tepat sasaran. Jangan sampai kepala desa kena masalah, karena penyelewengan dana desa," katanya. 

Apalagi pada tahun ini, prioritas penggunaan dana desa tidak lagi untuk infrastruktur, namun lebih diutamakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Ia bertekad akan mengembalikan marwah KAI serta lebih fokus membantu masyarakat kecil pencari keadilan yang tidak mampu. Asri menyampaikan dirinya siap mengemban amanah sebaik mungkin untuk menjalankan organisasi sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku. 

Prioritas kedua yang akan dijalankannya adalah pendampingan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan maupun kejahatan seksual, serta kasus narkoba yang menjerat generasi muda.  "Kami tidak ingin, kasus narkoba, maupun kekerasan terhadap perempuan dan anak, terus menerus terjadi. Kami juga ingin mengembalikan marwah KAI, menjadi KAI yang bermartabat, profesional, sehingga dapat mewujudkan Advokad Officium Nobile, jangan biarkan sebutan Officium Nobile hanya menjadi huruf mati,” paparnya. 

Asri dan pengurus DPD lainnya dilantik oleh Presiden KAI Erman Umar. Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua Dewan Kehormatan DPP KAI Ramdlon Naning, serta sejumlah advokat yang tergabung dalam organisasi tersebut. Selain itu, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar Asminah mewakili Kepala Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. (Lim)

BERITA REKOMENDASI