Asyiknya Mudik sambil Mancing Gratis di Kampung Halaman

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Cara asyik berlebaran di kampung halaman tersaji di lingkungan warga Jumok, Desa/Kecamatan Jaten. Para sesepuh kampung sukses menggelar silaturahmi berbalut acara mancing ikan gratis di saluran irigasi yang disumbat.

Beberapa jam sebelum mancing gratis dimulai, ratusan ekor ikan nila dan gurame dilepaskan ke saluran air sepanjang sekitar 40 meter dan lebar 1 meter. Aliran air sengaja disumbat agar ikan-ikan tetap berada di arena mancing gratis. Tiba acara dimulai, ratusan anak-anak dan ibu rumah tangga bersiap dengan peralatan pancingnya di bibir saluran air. 

Mereka tak lupa membawa kantung plastik atau keranjang untuk memasukkan hasil tangkapan. Ikan-ikan sebesar kepalan tangan cukup sukar dipancing, meski hanya berenang di saluran sempit irigasi pertanian. Butuh kerjasama antarwarga jika ingin mendapatkan hasil maksimal.

“Susah juga ikannya terpancing, karena banyak sekali warga ikut bergabung. Coba kalau airnya tenang, pasti cepat dapatnya. Tidak masalah sih, yang penting ramai. Tidak boleh curang dengan memakai jaring,” ujar Ummi Septiana, warga Jumok yang ikut ambil bagian.

Kaum hawa dan anak-anak sengaja didahulukan memancing gratis yang digelar seharian penuh. Setelah itu giliran pria dewasa pada malam hari. Acara mancing gratis cukup berhasil membawa suasana silaturahmi warga di momentum libur lebaran. Sambil menunggu ikan melahap umpannya, warga yang pulang dari perantauan terlibat obrolan ringan tentang kerinduannya di kampung halaman. (M-8)

 

BERITA REKOMENDASI