Atasi Krisis Usaha, Pelaku UMKM dibantu Pemasaran Online dan Permodalan

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo bantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sukoharjo terkait pemasaran online dan permodalan. Bantuan diberikan agar usaha yang dijalankan tetap produksi ditengah pandemi virus corona. Sebab sektor UMKM sangat diharapkan membantu menggerakan ekonomi masyarakat sekaligus penyerapan banyak tenaga kerja.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Sabtu (4/7) mengatakan, sektor UMKM salah satu yang termasuk terdampak pandemi virus corona sekarang. Mereka sangat membutuhkan berbagai bentuk bantuan agar produksi tetap berjalan. Dampak pandemi virus corona tidak hanya berpengaruh pada penurunan produksi, namun juga pendapatan akibat sepinya pemasaran. Imbasnya pelaku UMKM yang tidak cukup memiliki modal terancam bangkrut.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo turun membantu pelaku UMKM dalam dua bidang yakni pemasaran online dan permodalan. Khusus untuk pemasaran online dilakukan sebagai solusi memasarkan produk yang dihasilkan pelaku UMKM pada masyarakat. Sistem penjualan online dilakukan juga menyesuaikan protokol kesehatan dimana harus menghindari kerumunan massa.

Pelaku UMKM dilatih secara khusus memasarkan produk melalui sistem jaringan online. Pelatihan secara berkala akan dilakukan kepada pelaku UMKM di Sukoharjo.

“Pemasaran yang tadinya manual sekarang harus beralih menjadi online mengingat kondisi masih pandemi virus corona. Pelaku UMKM menyambut baik perubahan ini dan diharapkan sektor usaha mereka tetap berjalan,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI