Aturan Wajib Rapid Test Antigen Resahkan Pengunjung Wisata

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pemkab Karanganyar menjamin pengelola objek wisata, hotel dan penginapan, pusat kuliner, dan lain-lain menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Masyarakat tak perlu ragu mengunjungi Bumi Intanpari hanya gegara syarat rapid swab antigen.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar, Titis Sri Jawoto mengakui ihwal kewajiban rapid swab antigen bagi pengunjung obyek wisata asal luar Jawa Tengah dapat berdampak kurang bagus bagi geliat wisata di Karanganyar. Padahal, beberapa destinasi justru diminati warga luar Jateng seperti pendakian Gunung Lawu dan wisata religi Candi Cetho dan Candi Sukuh.

“Saya berkoordinasi dengan Satgas di lapangan. Terkait persepsi warga luar Jateng yang harus menunjukkan bukti nonreaktif Covid-19 dari swab. Apakah luar Jateng ini dimaksudkan luar provinsi, luar pulau atau yang lain?” kata Titis kepada KR di Karanganyar, Sabtu (26/12).

Syarat nonreaktif Covid-19 bagi pengunjung obyek wisata dianggap kontraproduktif dengan promosi pariwisata di Karanganyar. Akhirnya, seluruh keputusan diserahkan ke Satgas penanganan Covid-19 di tingkat kabupaten, kecamatan dan destinasi.

BERITA REKOMENDASI