Awak Bus Negatif Narkoba, Bus Tak Layak Jalan ‘Disemprit’

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Bus antarkota dalam provinsi bertrayek Karanganyar-Tawangmangu mendapat pengawasan ekstra dari Satlantas Polres dan Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dishub PKP) Karanganyar. Dalam pemeriksaan laik jalan oleh tim gabungan, sejumlah armada bus itu tak memenuhi kriteria.

"Ramp check dilakukan di sejumlah lokasi beberapa hari terakhir. Salah satunya di Terminal Karangpandan pada Senin (04/06/2017) kemarin. Dari 15 bus yang diperiksa, tiga diantaranya tidak memenuhi laik jalan. Ada yang klakson mati, wiper tidak berfungsi dengan baik, ban serepnya vulkanisiran dan sebagainya. Tiga bus itu mengangkut penumpang Solo ke Tawangmangu. Tidak boleh jalan sebelum membenahi kekurangan itu,” kata Kepala Dishub PKP Karanganyar, Sundoro, Rabu (06/06/2018).

Sundoro menjelaskan usai pemeriksaan, bus yang pernah diperingatkan mendapat pengawasan khusus agar kesalahan serupa tak diulangi. Di Terminal Karangpandan, Satlantas dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) juga menggelar uji sampel urine untuk mengetahui kandungan zat adiktif di tubuh awak bus. 

Menurut Sundoro, awak bus berkondisi prima menentukan keselamatan penumpang, terutama di puncak arus mudik lebaran. "Hasilnya negatif mengonsumsi narkoba dan zat adiktif lainnya,” katanya.

Ramp check pada Selasa (5/6), tim Dishub menyurvei kesiapan angkutan lebaran di PO Rosalia Indah dan Langsung Jaya Jaten. Dishub memastikan armada yang dioperasikan memenuhi laik jalan. PO Rosalia Indah mengoperasikan 320 armada yang melayani penumpang rute Jember sampai Jakarta. Di garasi PO tersebut, petugas Dishub memeriksa unsur administratif, unsur teknis utama dan unsur teknis penunjang. (Lim)

BERITA REKOMENDASI