Badut di Exit Tol Ngasem Hibur Pemudik

KARANGANYAR – Dua orang anggota Satbinmas Polres Karanganyar berkostum badut karakter Mickey Mouse dan Donal Duck membagikan makanan kecil, permen dan balon kepada para pemudik bermobil di exit tol Ngasem, Colomadu. Cara itu untuk menghibur mereka sambil menyampaikan pesan keselamatan berlalu lintas. 

"Ada snack dan balon yang diberikan. Kami berpindah-pindah tempat, baik di exit tol Kebakkramat, Ngasem dan dalam kota.Kami berusaha melayani masyarakat khususnya pemudik supaya tidak jenuh," kata KBO Satbinmas Polres Karanganyar, Iptu Sartono kepada wartawan. 

Tidak sekadar mengenakan topeng, personel Polres Karanganyar itu juga membawa serta sejumlah tulisan imbauan kepada para pemudik. Seperti 'Hati-hati di jalan', 'Semoga Selamat sampai tujuan,' 'Hati-hati om,' dan yang lainnya. 

Untuk menarik perhatian, para anggota polisi itu juga menyalakan musik dengan cukup keras. Mereka selanjutnya juga berjoget di pinggir jalan untuk menghibur pemudik bermobil yang akan masuk ke pintu tol. Setiap mobil itu, selalu ditawari balon, permen dan bingkisan. 

Kasatbinmas Polres Karanganyar, AKP Suwarsi mengatakan aksi ini akan terus dilakukan untuk menekan angka kecelakaan selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1440 Hijriah. Tetapi, untuk lokasinya berpindah-pindah tidak hanya di gerbang tol Colomadu, tetapi bisa juga di Kota Karanganyar.

"Kami berpindah-pindah tapi masih di wilayah Karanganyar. Ini merupakan kegiatan rutin setiap arus mudik Lebaran," katanya. 

Pemudik asal Yogyakarta, Heri Sulaiman mengaku baru pertama mendapatkan perlakuan istimewa itu saat akan masuk tol. Ia mengapresiasinya.

"Snack, permen dan balonnya disukai anak saya. Dari semula spaneng, menjadi terhibur. Rencana mau ke Surabaya di tempat mertua. Berlebaran di sana," katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI