Bangkitkan Ekonomi Kreatif, Duta Besar Negara G20 Kunjungi Sukoharjo

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Tiga duta besar negara-negara yang tergabung dalam G20 hadir di Kabupaten Sukoharjo, Jumat (24/6). Ketiganya disambut Bupati Sukoharjo Etik Suryani dan Forkopimda Sukoharjo di Pendapa Graha Satya Praja (GSP) Pemkab Sukoharjo. Sejumlah acara digelar dalam dua hari Jumat dan Sabtu (24-25/6) dengan tema Sukoharjo Makmur Festival.

Ketiga duta besar yang hadir di Kabupaten Sukoharjo yakni, Duta Besar Mozambik Belmiro Jose Malate dan Assa Abel Jonaze Guambe, Duta Besar India Manoj Kumar Bharti dan Anamika Bharti, Duta Besar Nigeria Usman Ari Ogah dan Rukaiyat Haruna Ogah. Hadir juga dalam kunjungan ke Kabupaten Sukoharjo yakni, Ambassador dan CEO Club Grace Sabandar.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, acara Sukoharjo Makmur Festival digelar dalam rangka mendukung industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sukoharjo. Etik Suryani juga mengucapkan selamat datang kepada para duta besar negara-negara yang tergabung dalam G20 hadir di Kabupaten Sukoharjo. Kedatangan ini tentunya menjadi sebuah kebanggan yang luas biasa bagi semua masyarakat Sukoharjo dan semoga dengan kehadiran para duta besar negara-negara G20 dapat terjalin kerjasama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sukoharjo.

Etik Suryani dalam sambutannya mengatakan, sebagaimanan kita ketahui bersama G20 merupakan sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. G20 memiliki posisi yang strategis di dalam menentukan masa depan pertumbuhan ekonomi dunia. Hal ini dikarenakan secara kolektif, anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Dimulai sejak tahun 1999 sebagai pertemuan di tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral, pertemuan G20 semakin intens dilaksanakan dengan KTT tahunan yang diikutsertai oleh masing-masing Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. Indonesia ditetapkan sebagai pemegang Presidensi G20 sejak serah terima pada 31 Oktober 2021 di Roma, Italia.

Selama perhelatan, telah digelar sejumlah acara untuk memeriahkan G20 2022 di Indonesia. KTT G20 2022 mengusung tema Recover Together Recover Stronger. Melalui tema ini, Indonesia ingin mengajak seluruh dunia untuk bahu-membahu demi memulihkan ekonomi global yang berkelanjutan.

Dalam rangka mengusung G20 spirit tersebut, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo bekerjasama dengan The Park Mall Solobaru menyelenggarakan kegiatan untuk mendukung industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sukoharjo. Salah satu upaya bersama yang dilakukan adalah melalui penyelenggaraan kegiatan Sukoharjo Makmur Festival.

Kegiatan Sukoharjo Makmur Festival ini dimulai pada tanggal 23-26 Juni 2022, menampilkan upacara pembukaan, pameran Sukoharjo Makmur Festival, seminar, talkshow, workshop dan kunjungan lapangan di sentra industri UMKM. Adapun produk-produk unggulan yang akan dikunjungi antara lain, Batik Ndayani Banmati Kecamatan Sukoharjo, Pasar dan Café Jamu Nguter Kecamatan Nguter, Desa Teknologi (IT) Jangglengan Kecamatan Nguter, Desa Wisata Gamelan Wirun Kecamatan Mojolaban, Desa Wisata Gitar Ngrombo Kecamatan Baki, Desa Pertanian Majasto Kecamatan Tawangsari, Omah Tiwul Ngreco Kecamatan Weru.

“Oleh karena itu, saya mengapresiasi atas penyelengaraan kegiatan ini. Saya berharap melalui kegiatan ini mampu mengenalkan dan mengangkat produk-produk unggulan yang merupakan hasil karya pelaku UMKM dan masyarakat di Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya.

Selain itu, Etik Suryani melanjutkan berharap, semoga dengan kegiatan ini, berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Sukoharjo, dapat menarik investor untuk berinvetasi di Kabupaten Sukoharjo.

“Sekali lagi saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sukoharjo mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak, baik dari sektor pemerintah dan swasta, pengusaha kecil dan menengah serta seluruh masyarakat di Kabupaten Sukoharjo yang selalu optimis dan bersemangat dalam berkarya untuk memulihkan perekonomian nasional ditengah pandemi Covid-19 yang masih melanda dan berangsur-angsur membaik ini. Semoga apa yang telah penjenengan usahakan ini membawa kemajuan dan keberhasilan bagi pembangunan di Kabupaten Sukoharjo dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sukoharjo yang lebih makmur lagi,” lanjutnya.

Ambassador dan CEO Club Grace Sabandar mengatakan, kunjungan ke Kabupaten Sukoharjo merupakan rangkaian kegiatan G20 Spirit. Ada tiga duta besar yang hadir di Kabupaten Sukoharjo.

G20 Spirit merupakan inisiasi swasta untuk mendukung G20 khususnya dibidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Kegiatan G20 Spirit sudah dimulai sejak Desember 2021 dan akan berlangsung hingga November 2022 mendatang.

“Ada 50 kegiatan G20 Spirit akan dilakukan di 20 kabupaten kota di Indonesia. Salah satunya dilaksanakan di Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI