Bangun Kantor Layanan Publik, Pemkab Siapkan Rp 31 M

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Rehab total enam kantor kelurahan dan enam kantor kecamatan dialokasi Rp 31 miliar bersumber APBD perubahan 2019. Seluruhnya dibangun dengan bentuk mirip.

“Ada prototipe standar. Bentuknya mirip-mirip. Prosesnya sudah dimulai untuk gambar,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Karanganyar, Edy Sriyatno kepada KR

, Kamis (18/7).

Rehab total kantor kelurahan diprioritaskan wilayah Karanganyar Kota. Yakni Gedong, Jungke, Bejen, Gayamdompo, Delingan dan Cangakan. Sedangkan kantor kecamatan di Jaten, Matesih, Mojogedang, Jumantono, Tasikmadu dan Jatiyoso. Meski seluruh bangunan dibangun mirip, namun ada sejumlah penyesuaian medan. Misalnya, pembangunan kantor Kecamatan Jatiyoso.

“Di Jatiyoso, perlu menyesuaikan kondisi kemiringan dengan jalan. Sedangkan di Jaten yang berada di tepi jalur ramai, akan disesuaikan dengan in

dan out

mobilitas kendaraan,” katanya.

Dihitungnya, kebutuhan rehab kantor kelurahan Rp 1 miliar. Kecuali untuk Kelurahan Bejen yang membangun gedung serbaguna dan gedung kantor masing-masing Rp 1 miliar. Sedangkan kebutuhan pembangunan kantor kecamatan Rp 4 miliar per unit. Jika dihitung, total kebutuhan Rp 31 miliar.

“Masih banyak kantor yang akan direhab total. Ini dilakukan secara bertahap dulu,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, prioritas rehab total kantor kelurahan di wilayah kota untuk membangun citra positif pemerintah kabupaten. Penghapusan aset gedung lama mengawali tahapan administratif lelang.

Camat Jaten, Aji Pratama Heru mengatakan pembenahan kantornya sudah selayaknya dilakukan. Dengan anggaran Rp 4 miliar, bagian paling urgen diperbaiki adalah rumah dinas.

“Puluhan tahun enggak ada renovasi. Wes wayahe diperbaiki. Persiapan berkas sedang disusun, khususnya penghapusan aset,” katanya.

Aji mengupayakan pelayanan publik tak terganggu selama pembangunan. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI