Banjir, Desa Ini Terisolasi

SRAGEN (KRjogja.com) – Puluhan rumah di Desa Tangkil, Kecamatan Sragen kota, Sragen, terendam banjir, Selasa (29/11/2016). Banjir akibat luapan anak Sungai Bengawan Solo ini juga merendam ratusan hektare sawah di Kecamatan Sidoharjo dan Tangen, Sragen.

Kendati tidak sampai menimbulkan korban jiwa, luapan banjir yang terjadi sejak Selasa dinihari ini membuat ratusan warga harus mengungsi. Mereka menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman karena rumahnya tergenang setinggi pinggang orang dewasa.

Warga juga terpaksa mengungsikan hewan ternaknya karena kandang juga ikut tergenang. Akibat luapan air, ratusan hektare sawah terancam gagal panen. Tidak hanya itu, beberapa akses jalan tidak dapat dilalui sehingga melumpuhkan aktivitas warga.

Sejumlah ruas jalan yang tergenang di antaranya akses menuju Desa Tangkil serta ruas jalan penghubung Desa Pringanom Kecamatan Masaran dan Desa Sari Kecamatan Plupuh. Warga terpaksa memutar hingga puluhan kilometer untuk keluar dari desa. "Air mulai masuk ke rumah pada dinihari. Kami terpaksa mengungsikan barang-barang berharga seperti hewan ternak serta sepeda motor," ujar Edi Saputra, warga Dukuh Tugu, Desa Tangkil.

Menurut Edi, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen langsung terjun untuk mengevakuasi warga menggunakan perahu karet. Dibantu aparat kepolisian setempat, petugas mengevakuasi warga untuk dibawa ke tempat yang lebih aman. "Kami belum tahu bagaimana nasib barang-barang berharga lain di rumah, karena tidak sempat dibawa. Padahal di rumah ada televisi dan barang elektonik lain," jelasnya.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, banjir yang menggenangi sejumlah daerah di Sragen ini lebih dikarenakan curah hujan yang tinggi beberap hari terakhir. Terutama di daerah yang tidak jauh dari aliran Sungai Bengawan Solo, sudah menjadi langganan banjir.

"Yang penting evakuasi warga dulu, jangan sampai terjadi korban jiwa. Banjir memang selalu terjadi hampir setiap tahun di daerah-daerah itu," ujarnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI