Bantuan KJS dan RS-RTLH Kemensos Diserahkan

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Sebanyak 363 peserta Kartu Jateng Sejahtera (KJS) semester I dan 40 keluarga peserta program rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RTLH) menerima bantuan itu secara simbolis di pendopo rumah dinas bupati, Selasa (12/9).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar, Agus Heri Bindarto mengatakan 363 penerima bantuan kepesertaan KJS semester I merupakan orang non produktif yang berhak membawa pulang santunan Rp 250 ribu per bulan selama enam bulan. Totalnya Rp 544.500.000. Sedangkan di semester II, mereka masih mendapatkan dengan jatah serupa semester I. Hanya saja, jumlah kepesertaannya bertambah 77 orang.

“Total bantuan KJS 2017 Rp 12.045.000.000. Penyalurannya via Bank Jateng. Dinsos memberikan kepercayaan penuh kepada TKSK asal para penerima Bansos KJS. TKSK itu juga be-SK. Terkait pedoman pencairan Bansos KJS ini juga sudah diberikan petunjuk pelaksanaan pencairan dari Dinsos Provinsi Jawa Tengah,” kata Agus.

Sedangkan pada pencairan RS RTLH Kemensos RI tahun 2017, tiap penerima berhak mendapat dana stimulan rehab rumah Rp 15 juta. Dengan 40 penerima, maka totalnya Rp 600 juta.

Lebih lanjut dikatakan, bantuan KJs bersifat individu dan tidak dapat dialihkan ke orang lain. Kartu tersebut berisi data nama kepala keluarga, nama pasangan, nama penerima dan nomor data basis terpadu. Penerimanya merupakan fakir miskin tidak produktif seperti penyandang disabilitas atau pasien penyakit kronis yang belum mendapatkan bantuan perlindungan sosial dari pemeritah pusat. (Lim)

BERITA REKOMENDASI