Banyak Anak Dibawah Umur Kerja di Tempat Hiburan Malam

SOLO (KRjogja.com) – Pegiat Perlindungan Anak, Dian Sasmita merasa prihatin dengan adanya realita anak di bawah umur namun terpaksa bekerja di lokasi hiburan malam di Solo. Seharusnya anak selayaknya menikmati masa muda mereka dengan mengenyam pendidikan yang layak maupun bermain dengan teman sebayanya.

“Hal yang memprihatinkan bila  tidak sedikit dari para anak ini terpaksa mengganti hari-hari mereka dengan bekerja, bahkan di lokasi-lokasi hiburan malam yang kurang pantas bagi mereka,” ujar Ketua LSM Yayasan Kapas, Dian Sasmita, Senin (26/09/2016).

Pihak kepolisian dalam hal ini, Satuan Sabhara Polresta Solo terus menggencarkan razia di lokasi-lokasi hiburan malam sebagai langkah pencegah maraknya anak di bawah umur yang di pekerjakan di tempat tersebut.

“Polisi secara berkala  terus menggencarkan aksi patroli di lokasi-lokasi hiburan malam yang diindikasi terdapat pekerja di bawah umur, dan apabila tertangkap,maka akan kita tindak lebih lanjut lagi baik dikembalikan kepada orang tuanya maupun pendampingan dari psikologis maupun LSM yang peduli dengan adanya anak di bawah umur bekerja di tempat hiburan malam,” ujar Kasat Sabhara Polresta Solo, Kompol Tumiran.

Sementara  Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Saprodin mengungkapkan pihaknya selama ini telah berulang kali mendapati para pekerja anak di bawah umur. “Minggu lalu polisi mendapati tiga  orang anak remaja yang diamankan dari tiga  lokasi hiburan malam, rata-rata asalnya dari luar kota Solo dan dari pemeriksaan mereka bekerja atas keinginan mereka sendiri,” ujar Kasat Reskrim. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI