Barang Kadaluarsa dan Tak Layak Konsumsi Masih Beredar, Masyarakat Diimbau Harus Jeli Sebelum Membeli

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Tim inspeksi mendadak (Sidak) makanan dan minuman dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mendapati barang kedaluwarsa dan tak berizin edar dijual di pasar tradisional. Para pelanggar aturan itu kebanyakan wajah lama. Sidak ini digelar enam putaran jelang lebaran, dengan sasaran pasar tradisional di Karanganyar.

“Kami minta pedagangnya menandatangani surat pernyataan mengembalikan barang-barangnya ke suplier. Jangan ditumpuk di depan kios seakan-akan itu barang baru yang layak konsumsi,” kata Kasi Informasi Kesehatan DKK Karanganyar, Joko Ritanto kepada KR di sela sidak di Pasar Palur.

Di lapak penjual itu terdapat kotak-kotak berisi susu kemasan, minuman pabrikan dan berbagai jenis makanan ringan. Petugas mendapati tanggal kedaluwarsa sudah lewat. Seorang wanita berjilbab yang mengaku pemilik kios beralasan barang-barang itu tidak muat disimpan di dalam, sehingga ditumpuk di luar.

“Tempatnya mudah dijangkau apabila dari suplier mau ambil saat diretur,” kata wanita itu ke petugas sembil menandatangani surat pernyataan kesanggupan.

BERITA REKOMENDASI