Baru 2,6 Juta Penduduk Jadi Peserta BPJS Kesehatan

SOLO, KRJOGJA.com – Kepala BPJS Kesehatan cabang utama Solo dr Agus Purwono MM AAK mengatakan dari sekitar 4 juta penduduk, baru 2,6 juta yang mengikuti BPJS. Berarti sampai akhir 2018 masih ada sekitar 1,5 juta warga yang dibidik menjadi peserta. Salah satunya ditempuh melalui program Virtual Service.

"BPJS Kesehatan melakukan program optimalisasi Virtual Service melalui Care Center 1500-400," jelas dr Agus kepada wartawan, Senin (15/5). Melalui Virtual Service masyarakat diberi kemudahan dalam mendaftar. Untuk mendaftar sebagai peserta BPJS tidak harus datang ke kantor. Cukup angkat telepon ke 1500-400.

Sasaran warga yang dibidik BPJS sampai akhir 2018 adalah dari lapisan informal diantara petani. Selain melalui Virtual Service, masyarakat juga bisa mendaftarkan diri melalui dropbox di kantor kecamatan dan kalurahan. "Lima kecamatan di Solo sudah bisa melayani. Kami bekerjasama dengan Pemerintah Kota Solo."

Menurut dr Agus, sebelumnya BPJS juga telah membentuk kader JKN. Di kota Solo ada 9 dan Sukoharjo 10 kader. Dengan berbagai strategi di atas BPJS Solo optimis pada akhir 2018 bisa menuntaskan kepesertaan. Dan sampai akhir 2017 target yang akan dicapai 80 persen. 

Sementara Didik Nurhadi menjelaskan tentang Virtual Service dan perluasan kanal pendaftatan peserta JKN-KIS.(Qom)

BERITA REKOMENDASI