Bawaslu Sragen Akui Petahana Terindikasi Mobilisasi ASN

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN, KRJOGJA.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sragen mengindikasikan Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang juga petahana Pilbup setempat melakukan mobilisasi Aparat Sipil Negara (ASN) untuk kepentingan politiknya. Meski demikian, Bawaslu tidak bisa melakukan apa-apa mengingat saat ini belum masuk tahapan Pilbup.

Anggota Bawaslu Sragen, Edy Suprapto saat pers rilis terkait rekrutmen Panwascam di kantor Bawaslu Sragen, Rabu (18/12) mengatakan, indikasi mobilisasi ASN oleh petahana itu terlihat dari berbagai kegiatan bupati yang diikuti jajaran ASN. "Terlihat dari berbagai acara selama ini memang terindikasi bupati yang juga calon petahana memobilisasi ASN," ujarnya.

Meski ada indikasi tersebut, Edy mengakui pihaknya tidak bisa melakukan tindakan karena saat ini belum memasuki tahapan Pilbup. Yang bisa dilakukan adalah sebatas mengimbau agar ASN tidak dilibatkan dalam kegiatan politik. "ASN harus netral dan tidak bisa ditawar lagi. Tidak boleh melibatkan pejabat, ASN, guru atau kades untuk kepentingan politik," jelasnya.

Menurut Edy, suatu kegiatan yang ditumpangi kampanye dan tidak memang hanya beda tipis. Apalagi jika di lokasi acara tidak ditemukan atribut calon atau ajakan memilih calon, tidak bisa ditindak. "Termasuk para ASN yang kedapatan mengenakan kaos bergambar petahana juga tidak bisa ditindak karena memang belum masuk tahapan pilbup," tandasnya.

Sementara, Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat dikonfirmasi membantah telah melakukan mobilisasi ASN untuk kepentingan politiknya. Kegiatan yang selama ini diikutinya adala murni kegiatan pemkab dan dirinya datang selaku bupati. "Sekarang juga belum masuk tahapan Pilbup, jadi tidak ada istilah kampanye terselubung. Semua berjalan sesuai aturan da tidak ada yang dilanggar," ujarnya.

Yuni justru mengajak Bawaslu untuk ikut hadir dalam berbagai kegiatan pemkab yang melibatkan bupati. Disitu nanti Bawaslu bisa melihat apakah ada unsur kampanye atau tidak dalam kegiatan tersebut. "Silakan teman-teman Bawaslu ikut kegiatan bupati untuk melihat langsung. Mari kita lakukan bersama-sama dengan semangat yang sama demi kebaikan Sragen," tambahnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI