Bayi Dibuang di Sungai Dimoro

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -Mayat bayi ditemukan pemancing ikan di Sungai Dimoro, Karangpandan. Diduga, bayi berusia kandungan 7 bulan itu sengaja dibuang orangtuanya.
Saat ditemukan, bayi tersebut dalam kondisi telanjang dan masih teruntai tali pusar. Penemuan mayat bayi itu bermula dari rasa penasaran dua pemuda bernama Rinda Kurniadi (18) dan Bayu Firmansyah (17). Keduanya menyaksikan benda mengambang yang dikira popok bayi usai memancing sekitar pukul 18.00 WIB. Mereka terkejut benda yang didekatinya itu ternyata orok. 

"Dua saksi itu kemudian lapor ke Rt dan bu bayan. Dari situ, dilaporkan ke Polsek Karangpandan," kata Kapolsek Karangpandan Iptu Sartono kepada wartawan di sela olah TKP penemuan bayi.

Dalam olah TKP itu, tim Inavis Polres Karanganyar memeriksa lokasi pembuangan dan mengumpulkan data yang mengarah pelaku pembuangan bayi. 

Sartono mengatakan, bayi ditemukan di aliran sungai berkedalaman 40 sentimeter. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu berukuran panjang 34 sentimeter dan bobot 900 gram. 
"Yang jelas bayi dalam keadaan mati dan konfisi fisiknya utuh dengan kelengkapan tali pusar masih di perut. Jadi belum dipotong. Untuk menentukan sebab pembuangan bayi tersebut, kita akan lakukan otopsi. Dari RSUD Karanganyar akan kami bawa ke RS Moewardi untuk dilakukan otopsi," jelasnya.

Namun, saksi sempat menyaksikan sepasang muda mudi berada di jembatan yang berada di atas lokasi penemuan bayi sebelum mereka menemukannya. Polisi akan menelusuri ciri-ciri muda mudi itu karena diduga mereka berkaitan tindakan biadab tersebut.

Sartono mengatakan kesulitan menemukan identitas pelaku, karena belum menemukan titik terang.
"Mayat bayi tidak dibungkus apa-apa. Kami meminta masyarakat melapor jika mencurigai keterkaitan kasus ini," katanya. (Lim)
 

BERITA REKOMENDASI