Baznas Sukoharjo Siap Salurkan 5.010 Paket Sembako

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Sebanyak 5.010 paket sembako bersumber dari bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukoharjo siap disalurkan pada pedagang kaki lima (PKL) merata di 12 kecamatan. Distribusi akan dilakukan dengan melibatkan pihak pemerintah kecamatan. Secara simbolis bantuan paket sembako diserahkan oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani kepada masing-masing camat di loby ruang kerja bupati di Pemkab Sukoharjo, Jumat (23/7).

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, telah disiapkan sebanyak 5.010 paket sembako bersumber dari bantuan Baznas Sukoharjo diterima Pemkab Sukoharjo untuk disalurkan ke PKL di Kabupaten Sukoharjo. Paket sembako tersebut disiapkan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pada PKL ditengah pandemi virus Corona. Bantuan diwujudkan dalam bentuk paket sembako.

Bantuan paket sembako secara teknis sudah diserahkan oleh Pemkab Sukoharjo kepada masing-masing camat. Penyaluran nanti akan dilakukan dengan melibatkan pemerintah kecamatan. Hal itu dilakukan karena pihak kecamatan mengetahui data dan kondisi PKL yang akan menerima bantuan paket sembako.

Penyaluran bantuan paket sembako nantinya juga akan memakai dasar data PKL milik Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo. Data sangat penting dipakai sebagai acuan agar bantuan paket sembako tepat sasaran pada penerima.

“Total ada 5.010 paket sembako dari Baznas untuk PKL bantuan ditengah pandemi virus Corona,” ujarnya.

Etik Suryani menjelaskan, berdasarkan data yang ada diketahui jumlah PKL di Kabupaten Sukoharjo sekitar 2.600 orang PKL. Para PKL tersebut tersebar di 12 kecamatan. Angka tersebut bisa terpenuhi semua mengingat jumlah bantuan paket sembako yang disiapkan Baznas Sukoharjo sangat besar mencapai 5.010 paket sembako.

Bupati berharap semua PKL bisa menerima bantuan paket sembako ditengah pandemi virus Corona sekarang. Kondisi terlebih lagi saat ini masih penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Virus Corona.

“Pemkab Sukoharjo sudah menyiapkan banyak bantuan untuk masyarakat ditengah pandemi virus Corona dan masih penerapan PPKM darurat. Penyaluran bantuan dipercepat pada masing-masing penerima untuk meringankan beban dan bisa dimanfaatkan,” lanjutnya.

Bantuan lain yang disiapkan selain 5.010 paket sembako dari Baznas Sukoharjo yakni, bantuan 200 APD dan 150 unit tempat mencuci tangan dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian sebanyak 200. Ada juga bantuan 2.500 paket sembako yang akan disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo. Teknis penyaluran bantuan akan dilakukan secara berkala.

“Bantuan sudah disiapkan luar biasa banyak pada masyarakat. Pemkab Sukoharjo menyiapkan itu untuk masyarakat ditengah pandemi virus Corona sebagai bentuk kepedulian. Bantuan semakin bertambah banyak bersumber dari pemerintah pusat,” lanjutnya.

Bantuan dari pemerintah pusat tersebut berbentuk Bantuan Sosial Tunai (BST) bulan Mei dan Juni disalurkan pada 23 Juli 2021 pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penerima BST di Sukoharjo sendiri sebanyak 50.802 KPM dimana setiap KPM akan menerima uang tunai Rp 300 ribu.

BERITA REKOMENDASI