Belanda Jajagi Museum Keris

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Delegasi dari pemerintah Belanda menjajagi Museum Keris Nusantara bagi kemungkinan menghibahkan benda pusaka asal Indonesia yang saat ini masih tersimpan di negeri Kincir Angin tersebut. 

"Mereka datang pekan lalu, untuk memastikan jenis dan koleksi keris yang hendak dihibahkan ke Museum Keris Nusantara," jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum, Dinas Kebudayaan (Disbud), Bambang Marsudi, menjawab wartawan, di kantornya, Jumat (15/9).

Sejauh informasi yang diperolehnya, Bambang menyebut, pemerintah Belanda akan memulangkan sekitar 1.500 artefak ke Indonesia. Namun menurutnya, pemulangan benda kuna semacam itu cukup rumit, sebab menyangkut kerjasama antarnegara. Kemungkinan besar, hibah keris dari Belanda ke Museum Keris Nusantara, tidak dilakukan secara langsung, namun melalui pemerintah pusat.

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sudah mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat untuk ikut merawat keris hibah dari negeri Belanda. Diyakini, kualitas keris asal Indonesia yang selama ini tersimpan di negeri Belanda bernilai tinggi, baik dari aspek artistik maupun kesejarahan, sehingga dapat dijadikan master piece

, sekaligus melengkapi 450 koleksi keris aneka jenis yang ada saat ini.

Selain berharap memperoleh hibah kersi dari Belanda, Bambanag mengaku saat ini juga masih menunggu keris hibah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebagaimana pernah dijanjikan saat meresmikan Museum Keris Nusantara awal Agustus lalu. Saat itu, Presdien Jokowi berniat menghibahkan sedikitnya 5 bilah keris koleksi pribadinya, namun hingga kini belum direalisasikan. "Mungkin akan dibawa dalam kesempatan kunjungan kerja ke Solo akhir pekan ini," ujar Bambang berharap.

Menjawab pertanyaan animo masyarakat mengunjungi Museum Keris Nusantara, Bambang mengungkapkan, dalam satu bulan terakhir, jumlah pengunjung tercatat 4.300 orang, dengan arus kunjungan terbesar pada saat akhir pekan. Dia berharap, arus kunjungan semakin banyak, saat nanti keris hibah dari Presiden Jokowi ataupun pemerintah Belanda melengkapi koleksi Museum Keris Nusantara. (Hut)

BERITA REKOMENDASI