Belasan Tambang Galian C di Sragen Disinyalir Ilegal

Editor: Ary B Prass

SRAGEN, KRJOGJA.com – Belasan tambang galian C di Kabupaten Sragen disinyalir ilegal alias tak berizin. Hal ini diketahui saat Komisi III DPRD Sragen melakukan inspeksi mendadak (sidak) salah satu galian C tak berizin di Desa Wonorejo, Kecamatan Kedawung, Sragen, Rabu (24/11/2021).
Ketua Komisi III DPRD Sragen, Sugiyarto di sela sidak mengatakan, pihaknya menerima banyak keluhan dari warga yang memprotes aktivitas tambang galian C. Aktivitas tambang tersebut menggangu warga sekitar karena membuat jalan raya yang dilalui truk menjadi berdebu dan becek saat hujan. Belum lagi lalu lalang truk pengangkut tanah juga membuat kemacetan.
Apalagi, jelas Sugiyarto, setelah dicek ternyata tambang yang dikeluhkan warga juga belum dilengkapi izin pertambangan. “Ini baru contoh satu lokasi yang kita sidak dan memang belum dilengkapi surat perizinan. Kami yakin masih banyak lokasi tambang lain yang belum berizin di Sragen. Kebetulan lokasi ini juga baru saja ditutup Satpol PP karena dianggap ilegal,” jelasnya.
Sugiyarto mendesak pemkab setempat dalam hal ini Satpol PP untuk bertindak tegas menutup lokasi tambang galian C lain yang juga ilegal. Diyakini masih banyak yang nekat melakukan aktivitas galian padahal belum mengantongi izin. “Seperti di Wonorejo ini, izin dari DPMPTSP (pemkab) memang sudah ada, tapi izin dari ESDM (Provinsi Jateng) belum keluar. Tapi sudah berani melakukan aktivitas penambangan,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI