Berkah Pilpres, Batik Motif Jokowi Diburu Pembeli

SRAGEN, KRJOGJA.com – Pesta demokrasi Pilpres menjadi berkah tersendiri bagi para perajin batik di Masaran Sragen. Perajin batik setempat menciptakan motif batik Jokowi yang langsung menaikkan pamor motif itu ke pangsa nasional.

Batik motif Jokowi itu diciptakan oleh salah satu pengusaha batik sekaligus fungsionaris PDIP Sragen, Sugiyamto. Pengusaha asal Dukuh Jantran, Desa Pilang, Kecamatan Masaran itu menuangkan kreativitasnya dengan membuat motif batik bergambar Jokowi. Tak disangka, motif yang dikombinasikan dengan berbagai motif asli batik Sragen itu sukses menembus pasar batik nasional.

Sugiyamto mengaku sengaja menciptakan motif batik Jokowi karena kecintaannya pada sosok Jokowi. Kecerdasan dan kesederhaan Presiden asal Solo itu mengilhaminya untuk menuangkan sosok Jokowi dalam berbagai motif batik khas Sragen. 

"Para perajin batik di Sragen memang banyak terbantu oleh Pak Jokowi. Selama pemerintahan Jokowi, omzet batik meningkat tajam. Daya beli batik lumayan bagus. Sehingga kami punya inisiatif membuat motif batik Jokowi ini," ujar Sugiyamto ditemui di rumahnya, Senin (11/3).

Sugiyamto mengatakan, motif dasar batik Jokowi yang dibuatnya ada dua. Namun pengembangannya bisa menghasilkan delapan motif batik yang beraneka. Dari delapan motif batik Jokowi itu, sejauh ini yang paling laris diburu adalah batik motif sogan berdasar warna coklat dengan ornamen wajah Jokowi. Lantas ada pula motif serupa namun gambar Jokowi dibuat warna merah putih. 

"Kalau untuk pilihan warna ada enam. Kami juga melayani pesanan motif yang disesuaikan dengan warna partai pengusung. Kalau yang motif sogan coklat dan merah putih itu motif yang umum dan mana saja bisa masuk," terangnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI