Berkah Ramadan, Warga Satu Desa Dibantu Ribuan Ekor Ayam Siap Masak

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Ribuan ekor ayam dibagikan gratis untuk warga Desa Bagor, Kecamatan Miri, Sragen, Sabtu (16/04/2022). Bagi-bagi ayam gratis di tengah harga kebutuhan pokok yang sedang melonjak ini menjadi salah satu berkah Ramadan bagi warga setempat.

Berkah ayam itu datang dari PT Bayu Berlian Makmur (BBM), sebuah perusahaan ternak ayam modern yang berlokasi di desa setempat. Hampir semua dari sekitar 1.000 kepala keluarga (KK) mendapat bantuan ayam utuh siap masak.

Mbah Suwarsih ( 73) warga Dukuh Muneng RT 12, Desa Bagor, mengaku senang mendapat bantuan satu ekor ayam dari PT BBM. Baginya, bantuan ayam itu sangat berarti di tengah situasi serba mahal saat ini. “Senang sekali, wong diberi bantuan ayam. Mau beli di pasar, harganya juga mahal,” ujarnya usai menerima satu ekor ayam yang diserahkan langsung oleh Ketua RT.

Bantuan ayam untuk warga ini memang rutin dilakukan PT BBM setiap tahun. Hal ini sebagai salah satu bentuk CSR perusahaan ayam tersebut. “Setiap tahun dapat bantuan ayam seperti ini. Kadang mendekati lebaran atau pas puasa. Nanti ini direbus terus dimasak goreng,” jelasnya.

Ketua RT 12 Dukuh Muneng, Lasio (40) bersyukur atas bantuan ayam dan kepedulian PT BBM. Ia berharap bantuan itu bisa sedikit meringankan beban warga di tengah harga-harga yang sedang melonjak. Ada sebanyak 115 KK di wilayahnya yang mendapat bantuan ayam.

“Kehadiran PT BBM di desa kami dirasakan manfaatnya oleh warga. Apalagi warga juga banyak yang direkrut menjadi pekerja. Tentunya ini meningkatkan perekonomian desa kami,” tandasnya.

CEO PT BBM, Tri Agus Bayuseno mengatakan, pembagian ayam ke warga satu desa di Bagor itu digelar dalam rangka bakti sosial sebagai wujud kepedulian lingkungan. Kegiatan itu sudah menjadi rutinitas setiap tahun yang diserahkan saat bulan puasa atau mendekati Lebaran. Bantuan diberikan kepada semua warga masing-masing satu ekor ayam utuh yang sudah dalam bentuk karkas atau dipotong.

“Kita serahkan dari perwakilan setiap RT, nanti lewat pak RT baru dibagikan pada masyarakat. Tujuannya biar bisa dimanfaatkan dan warga juga bisa ikut menikmati apa yang kita dapat dari peternakan ini,” paparnya.

Sementara, Kades Bagor, Kukuh Riyanto membenarkan bantuan ayam dari PT BBM itu memang setiap tahun diterima warga satu desa. Mewakili warga, dirinya tak lupa mengucapkan terimakasih atas bantuan Pak Bayu yang dirasa sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Yang menerima ini satu kelurahan kurang lebih sekitar 1000 KK dan nanti mendapatkan semuanya. Ada yang dapat satu ekor, ada juga yang diberi dua ekor per KK. Kami sangat berterimakasih, warga selalu diberi ayam dan bisa ikut merasakan lauk ayam,” tandasnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI