Bersemangat Melestarikan Budaya, Dukungan Terhadap Gusti Moeng Terus Mengalir

SOLO, KRJOGJA.com – Dukungan bagi Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Kraton Kasunanan Surakarta GKR Wandansari Koes Moertiyah yang lebih dikenal Gusti Moeng untuk tetap tabah, teguh dan bersemangat untuk melestarikan budaya Jawa bersumberkan Kraton Kasunanan Surakarta terus mengalir baik dari kerabat kraton Surakarta yang berada di dalam dan luar negeri.

Sementara itu lembaga Javanologi UNS menyatakan telah memiliki formulasi untuk menyelesaikan konflik keluarga di kraton Surakarta peninggalan dinasti Mataram Islam yang berlangsung 17 tahun tiada kepastian kapan berakhirnya.

“Penyelesaiannya harus holistik, menyeluruh pun harus melibatkan pemerintah yang memiliki kapasitas dan otoritas kebijakan. Pasalnya kendalanya di eksekusi formulasi itu, karena akar masalah konflik tidak sekadar problem budaya atau pariwisata saja tapi kompleks menyangkut aspek ekonomi dan sosial serta otoritas angger-angger yang berlaku di Kraton Kasunanan Surakarta,”ujar Kepala Pusat Unggulan Iptek (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Sahid Teguh Widodo saat diskusi secara daring dikemas dalam acara Wedangan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS Pusat Unggulan Iptek ( PUI ) Javanologi UNS ” Merawat Budaya Jawa, Mengukir Prestasi Internasional”.

BERITA REKOMENDASI