Berusia 146 Tahun, Mbah Gotho Tertua di Dunia

USIANYA konon sudah 146 tahun. Di Kartu Tanda Penduduknya, Sodimejo atau akrab disapa Mbah Gotho, lahir 31 Desember 1870. Kalau memang usia tersebut benar, warga Dusun Segeran, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, ini adalah manusia tertua di dunia yang masih hidup.

Namun, apakah benar kakek 17 cucu, 11 cicit, dan 3 canggah ini telah berusia 146 tahun, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat belum bisa memastikan validitasnya. Dispendukcapil tidak menemukan dokumen pendukung data kependudukan yang mencatat kelahiran Mbah Gotho. Sedangkan KTP yang dikeluarkan hanya berpegangan pada pengakuan Mbah Gotho sendiri.

Petugas Dispendukcapil Sragen juga kesulitan memasukkan input data kependudukan Mbah Gotho karena sistem pencatatan tahun kelahiran yang terlama di Sragen adalah tahun 1900. Hal ini diketahui saat Dipendukcapil mendatangi rumah Mbah Gotho untuk melakukan perekaman data e-KTP, Kamis (1/9).

"Karena input data kependudukan yang tercantum mulai tahun 1900, makanya kami hanya berpedoman pada pengakuan Mbah Gotho sendiri. Tentunya dibutuhkan tim khusus untuk mengecek lagi kebenaran usia Mbah Gotho," ujar Kepala Dispendukcapil Sragen, Wahyu Lwiyanto. (Sam)

Baca Juga :

Sudah 146 Tahun, Ingatan Mbah Gotho Masih Jernih

BERITA REKOMENDASI