Berwirausaha Ditengah Pandemi, Rusmiyati Bantu Warga Olah Jahe Merah

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRjogja.com – Kekebalan tubuh yang tinggi adalah obat mujarab Covid 19, dan itu hanya ada didalam tubuh kita sendiri. Banyak faktor yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau imun. Jahe menurut beberapa pendapat bisa meningkatkan imunitas kita. Di Dusun Kaligedang rt 3/ rw 3 Desa Kalirejo Kec Singorojo, seorang ibu rumah tangga yang aktif di berbagai kegiatan PKK dsn juga pendampingan desa mencoba mengolah Jahe menjadi minuman instan siap saji.

Rusmiyati memanfaatkan tanaman jahe yang banyak ditanam warga sekitar dan mengolahnya menjadi minuman instan siap saji. Jahe merah yang banyak ditanam diolah melalui proses peracikan yang merubah jahe menjadi serbuk dan siap untuk diminum.

“Saya awalnya belajar secara otodidak, beberapa kali saya melakukan ujicoba dan alatpun saya bikin sederhana untuk menunjang proses produksi,”ujar Rusmiyati Sabtu (30/1). Pengetahuan dalam mengolah Jahe menjadi serbuk siap minum ini tidak untuk dirinya sendiri, beberapa warga sekitar rumahnya diajarinya.

Ditengah pandemi covid 19 ini tentu minuman jahe merah banyak dicari dan peluang itu tidak dilepas begitu saja. Harapannya dengan banyaknya warga yang bisa mengolah Jahe akan menjadikan tambahan pendapatan bagi mereka.

BERITA REKOMENDASI