Biaya Mahal, Parpol di Solo Enggan Usung Calon Tandingi Gibran

SOLO, KRJOGJA.com – Memilih calon pemimpin untuk menandingi sosok Gibran cukup sulit di Solo. Kalaupun ada calon pemimpin muda, kreatif, inovatif bahkan visioner terhenti di wacana karena terhambat masalah dana Pilkada (pemilihan kepala daerah) yang nilainya miliaran.

Sejumlah pembicara dalam diskusi bertajuk "Mencari Calon Penantang Gibran di Pilkada Solo 2020 Ngobrol Mepet Sawah ( Mewah ) , Kamis (12/12/2019.

Pembicara Henry Indraguna pengacara, bakal calon (balon) Walikota Solo, ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPD Partai Amanat Nasional ( PAN) kota Solo Umar Hasyim. Pembicara lainnya ketua Bapilu dan Pilkada DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo Sugeng Riyanto dan Ketua DPC Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno.

Para pembicara secara senada mengatakan kalau Gibran itu pemuda milenial biasa, mungkin masih banyak calon lain yang berani berlaga menantang Gibran. " Namun Gibran Rakabuming Raka bukan sekadar pengusaha biasa, dia putra Presiden yang tentu memiliki jaringan luas dan kekuatan finansial juga dukungan kekuasaan," ujar sejumlah pembicara.

Bahkan salah seorang pembicara Henry Indraguna mengatakan pihaknya menyatakan kesanggupannya untuk maju nyalon walikota Solo bahkan bersaing dengan Gibran, bila partai-partai yang ada seperti PAN, PKS dan Gerindra mengajaknya untuk iuran menanggung biaya Pilkada Solo yang diperkirakan bisa mencapai 30 M hingga 50 M.

" Inilah yang menghambat seorang calon kepala daerah yang jujur, kreatif dan inovatif memilili leadership bagus namun tidak berani nyalon, ya dikarenakan beaya politiknya cukup besar. Bahkan saya ingin mengajak diskusi pengalaman kepala daerah dua kali masa jabatan bagaimana dia menyiasati pengembalian beaya Pilkada saat nyalon Pilkada tapi bisa tanpa korupsi, "ujar Henry yang akrab dipanggil singkatan namanya yakni HI.

Disinggung peluangnya untuk mendampingi sosok Gibran atau memilih berjuang nyalon Bupati Sukoharjo, HI mengatakan dirinya selalu patuh pada instruksi ketua umum DPP PDIP Megawati Soekarno Puteri. "Ditempatkan di Solo untuk mendampingi Mas Gibran saya siap, ataupun ditugaskan sebagai Bupati Sukoharjo saya juga manut," papar HI.(Hwa)

BERITA REKOMENDASI