Bidik Level 1, Pemkab Sukoharjo Target Secepatnya Vaksinasi Corona 70 Persen

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) virus Corona di Kabupaten Sukoharjo turun level dari sebelumnya level 3 menjadi level 2. Pemkab Sukoharjo terus berusaha keras agar turun ke level 1. Salah satu bentuk usaha tersebut yakni pencapaian target vaksinasi virus Corona sebesar 70 persen. Posisi sekarang baru tercapai 67,85 persen.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Selasa (5/10) mengatakan, Pemkab Sukoharjo sudah menerima keputusan resmi dari pemerintah pusat terkait penurunan PPKM virus Corona dari level 3 menjadi level 2. Penurunan tersebut belum memenuhi harapan. Sebab Pemkab Sukoharjo berharap bisa turun dari sebelumnya PPKM level 3 menjadi level 1. Meski begitu penurunan level 2 tetap diterima dan menjadi pemacu semangat untuk bisa memenuhi target turun ke level 1.

Belum tercapainya penurunan level 1 disebabkan salah satunya karena capaian vaksinasi virus Corona. Pemkab Sukoharjo sampai sekarang baru mencapai angka 67,85 persen saja dari target awal 70 persen vaksinasi virus Corona.

Pemkab Sukoharjo masih akan terus melakukan percepatan vaksinasi virus Corona. Sebab angka yang dibutuhkan untuk mencapai target 70 persen tinggal sedikit. Vaksinasi virus Corona terus digelar secara serentak disemua wilayah di Kabupaten Sukoharjo.

“Status Kabupaten Sukoharjo turun ke level 2 dari sebelumnya level 3. Seharusnya kalau vaksinasi virus Corona sesuai target bisa turun ke level 1,” ujarnya.

Etik Suryani menjelaskan, belum tercapainya target vaksinasi virus Corona sebesar 70 persen salah satunya karena faktor input data banyak yang belum bisa masuk. Sebab banyak masyarakat yang Nomor Induk Kependudukan (NIK)-nya tidak bisa dinput sehingga harus diajukan dulu ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) pusat dan di approve dulu agar NIK bisa dimasukan.

Kendala NIK tersebut ditegaskan Etik Suryani sudah langsung ditangani bersama oleh dinas terkait. Dinas tersebut seperti Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo. Harapannya masala segera selesai dan angka capaian vaksinasi virus Corona di Sukoharjo bisa terus naik dan memenuhi target 70 persen.

Etik Suryani menjelaskan, jika input data lancar semua maka target vaksinasi virus Corona 70 persen bisa tercapai dan status Kabupaten Sukoharjo turun ke level 1. Kabupaten Sukoharjo sendiri merupakan wilayah aglomerasi Solo Raya sehingga jika ada satu daerah yang capaian vaksinasinya kecil, maka level PPKM-nya juga ikut yang terkecil tersebut.

Pemkab Sukoharjo meminta pada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Meski sudah turun ke level 2, namun masyarakat tetap diminta waspada. Sebab pandemi virus Corona belum berakhir. Penyebaran virus Corona masih bisa terjadi apabila masyarakat abai dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Terkait dengan kelonggaran aturan dalam PPKM level 2 akan disesuaikan dengan Instruksi Mendagri. Nantinya Instruksi Bupati yang dikeluarkan tidak lepas dari Instruksi Mendagri,” lanjutnya.

Masyarakat diharapkan ikut membantu dalam penerapan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, masyarakat juga diminta ikut berpartisipasi agar status Kabupaten Sukoharjo bisa segera turun ke level 1 dengan mengikuti vaksinasi virus Corona.

“Targetnya tetap bisa segera level 1 dan Pemkab Sukoharjo akan berusaha keras. Masyarakat juga diminta untuk ikut membantu dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” lanjutnya. (Mam)

Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat meninjau vaksinasi virus Corona di wilayah Desa Ngabeyan, Kecamatan Kartasura, Selasa (5/10). (Wahyu imam ibadi)

 

BERITA REKOMENDASI