Bimo Bangkit Semangati Kenormalan Baru

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Lakon Bimo Bangkit yang disuguhkan oleh dalang wayang kulit ternama, ki Manteb Soedarsono, menyemangati masyarakat untuk memulihkan diri dari keterpurukan. Pemimpin bersama rakyat yang saling mendukung akan mempercepat pemulihan itu.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan cerita pewayangan itu dapat dijadikan pijakan memulai pemulihan dari sebuah pagebluk. Dibutuhkan suntikan semangat dari dalam diri maupun orang lain. Di masa kenormalan baru, pesan Bimo Bangkit diharapkan menyemangati masyarakat maupun pemerintah untuk tetap bersinergi.

“Sinergitas dari TNI, Polri, pemerintah dan masyarakat menjadi sumber energi untuk bangkit dan memulihkan diri. Memang tidak mudah menjalankan aktivitas di New Normal. Namun ini yang harus kita lakukan agar tidak lagi terpuruk,” katanya usai menyaksikan pagelaran wayang kulit itu di Mapolres Karanganyar, Rabu (01/07/2020) malam.

Ia juga mengatakan pagelaran wayang kulit berlakon Bimo Bangkit diharapkan membangkitkan semangat juang para pelaku seni. Sebagai contoh di pagelaran wayang kulit yang melibatkan puluhan kru mulai dari dekorasi, sound system sampai penyanyi dan tata rias. Sumber penghidupannya pun berlanjut.

Pagelaran wayang kulit berdurasi empat jam itu disaksikan pula secara virtual lebih dari 28 ribu kali di saluran Polres Karanganyar di Youtube, Facebook an Instagram.
Dalam unjuk kebolehannya Ki Manteb tampil memukau dengan sabetan-sabetannya yang sangat fasih dalam memainkan tokoh-tokoh pewayangan. Dikisahkan Bima membangun dan memulai suatu negeri. Sang tokoh protagonis mengalami berbagai kendala yang dapat diselesaikannya hingga berhasil memimpin negerinya dengan sangat baik.

Ki Manteb mementaskan wayang dengan sisipan pesan moral bagi anggota Polri agar selalu memegang teguh Tribrata dan Catur Prasetya dalam bertugas.

Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi menyampaikan bahwa peringatan Hari Bhayangkara ke-74 menandai Polri hadir memberikan rasa aman bagi masyarakat. ”Terima kasih atas sinergitas kerjasama Forkopimda di Kabupaten Karanganyar sehingga bisa menciptakan suasana yang kondusif dan aman,” jelas Kapolres. (Lim)

BERITA REKOMENDASI