BLTDD di Karanganyar Dibatasi 1 Orang Per RT

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pemerintah Desa Ngringo, Kecamatan Jaten memutuskan bantuan langsung tunai bersumber Dana Desa (BLTDD) dibagi satu orang per RT. Jumlah sasaran tidak bisa lebih dari itu karena Dana Desa terbatas jumlahnya.

“Ada 178 Rt di 29 Rw di Desa Ngringo. Berdasarkan kesepakatan bersama BPD, akhirnya dibagi satu orang per Rt. Enggak bisa lebih dari itu. Soalnya Dana Desa terbatas dan alokasinya bukan hanya untuk BLT saja,” kata Kepala Desa Ngringo, Widodo kepada KRJogja.com, Selasa (9/2/2021).

Pada tahun 2020 lalu, pemberian BLT ke warga, diakuinya, tidak merata. Di satu Rt bisa lebih dari seorang sedangkan Rt lainnya malah tidak mendapat. Padahal semua wilayah membutuhkan bantuan tersebut. Sehingga pada tahun ini, distribusinya satu orang per Rt dianggap paling adil. Jika dihitung, BLTDD Desa Ngringo pada tahun ini Rp 640.800.000. Adapun Dana Desa sekitar Rp 1 miliar.

“Kalau semua dituruti untuk BLT. Dana Desa bisa habis. Padahal masih banyak kebutuhan penunjang di masa Pandemi Covid-19 yang harus dibiayai,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI