BMKG Gelar Sekolah Lapang Iklim di Rongkop

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – BMKG Yogyakarta menyelenggarakan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional di Dusun Tirisan, Karangwuni, Rongkop, Selasa (11/08/2020). Kegiatan ini diikuti kelompok tani Sumber Rejeki dan dihadiri Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Sleman Reni Kraningtyas SP MSi, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul Ir Bambang Wisnubroto, Camat Agung Danarto, Lurah, muspika dan undangan.

“SLI Operasional bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat, terkait informasi cuaca dan iklim. Serta dapat menjadi langkah adaptasi terhadap usaha pertanian apabila terjadi iklim yang ekstrem seperti banjir dan kekeringan,” kata Reni Kraningstyas.

SLI Operasional dilaksanakan baik secara teori dan praktik. Kepala DPP Gunungkidul Bambang Wisnubroto memberikan apresiasi kepada BMKG, karena kegiatan ini mampu memberikan peningkatan pengetahuan bagi petani. Sehingga para petani dapat memahami tentang tanaman yang cocok jika terjadi iklim atau cuaca tertentu. Harapannya dengan adanya pengetahuan ini akan mampu mendorong peningkatan produktifitas pertanian dan tentunya kesejahteraan petani.

“SLI Operasional ini penting memberikan pendidikan bagi petani agar memahami iklim dan cuaca. Pada akhirnya tentu diharapkan produktifitas dan kesejahteraan petani meningkat,” imbuhnya. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan tinjauan di lahan pertanian yang dikembangkan tanaman ketela. Bahkan Reni Kraningtyas bersama Bambang Wisnubroro dan undangan melakukan penyiangan di sekitar lahan tanaman ketela. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI