BNPB Bantu Alat Detiksi Banjir Kali Wiroko

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Dalam upaya mendetiksi dini datangnya banjir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri melakukan gladi uji peringatan dini alat early warning system (EWS) banjir di tepi Sungai Wiroko Tanjungsari Kecamatan Tirtomoyo Kamis (9/12/2021). Alat tersebut bantuan dari BNPB atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan EWS banjir yang dipasang di Desa Tanjungsari itu adalah bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“EWS ini bantuan kedua kalinya setelah beberapa waktu lalu 1 unit sudah kita pasang Sungai Wiroko juga,” kata Kepala Pelaksanaan BPBD Wonogiri Drs Bambang Haryanto MM.

Diakui kawasan Sungai Wiroko merupakan daerah rawan banjir ketika musim penghujan. Selasa (7/12/2021) lalu banjir akibat luapan sungai Wiroko merendam lima rumah di desa tersebut, dua hari sebelum gladi uji peringatan dini EWS banjir dilakukan.

“Saat itu, ketika air mulai naik, teman-teman di lapangan juga sudah membunyikan EWS itu. Meski belum gladi, mereka sudah diberitahu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan,” kata Bambang.

BERITA REKOMENDASI