BPBD Karanganyar Distribusikan 5 Ribu Bibit Tanaman Buah dan Pohon Keras

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar mendistribusikan 5 ribu bibit tanaman buah dan berbatang keras ke 23 komunitas sukarelawan kebencanaan. Penanamannya diharapkan mengatasi problem lahan kritis.

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Karanganyar, Hartoko mengatakan bibit tanaman tersebut bantuan pihak ketiga yang disalurkan melalui BPBD. Distribusinya dimulai Jumat (3/12).

“Total ada 5.000 bibit terdiri dari 2.000 bibit buah dan 3.000 tanaman keras,” katanya, Sabtu (4/12).
Total ada 23 organisasi relawan yang tersebar di Kabupaten Karanganyar, di antaranya relawan di Kecamatan Ngargoyoso, Tawangmangu, Mojogedang dan Kebakkramat.

“Bibit tanaman selain untuk pencegahan longsor juga untuk mendukung program Karanganyar Ijo Royo-Royo,” katanya.

Masing-masing organisasi relawan mendapatkan jumlah bibit tanaman berbeda-beda sesuai dengan pengajuan kepada BPBD Karanganyar. Ada yang mendapatkan 50 bibit, 100 bibit dan 200 bibit.
Hartoko berpesan kepada relawan supaya bibit tersebut ditanam di wilayah masing-masing baik yang tergolong rawan tanah longsor maupun dalam rangka penghijauan.

“Ini tentu untuk upaya mitigasi. Memang hasilnya tidak bisa dilihat 1-2 tahun. Ke depan setelah pohon besar akan menjadi penguat tanah supaya tidak longsor,” ucapnya.

Penanaman bibit diarahkan di lahan kritis seperti bantaran sungai. Selama masa tumbuhnya, diharapkan sukarelawan memeliharanya supaya tidak mati. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI