BPJS Kesehatan Kembangkan Rujukan Online

SOLO, KRJOGJA.com – Rujukan online yang tengah dikembangkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Solo sudah semakin jelas dalam menunjukkan lalu lintas pasien. Sistem ini memberikan informasi yang jelas dan pasti kepada pasien rujukan sebelum berangkat ke rumah sakit.

"Berkat rujukan online pasien ketika akan menuju rumah sakit sudah mendapat informasi yang jelas tentang jam praktek dokter hingga jumlah antrean yang ada," jelas dr Agus Purwono  MM. AAK, Kepala BPJS  Kesehatan  Cabang  Solo di Megaland Hotel, Selasa (11/12).

Rujukan online telah diujicoba di sejumlah rumah sakit yang tersebar di 5 kabupaten kota. "Sekarang baru dilakukan evaluasi. Tahap berikutnya akan dibuat Jika sudah siasampai akhir tahun 2018. Berikutnya akan dibuat kesepakatan bersama FKTP,  Dinas Kesehatan dan rumah sakit untuk penerapan rukukan online.."

BPJS hari itu menggelar Sosialisasi  Peraturan  Presiden  No 82 Tahun 2018  tentang Jaminan Kesehatan  Mekanisme Integrasi  Pendaftaran  JKN-KIS Badan Usaha melalui  Online Single Submission  (OSS)  Kepada Pekerja  Penerima  Upah  Badan  Usaha  Dan Portal  Bersama  BPJS.

Sistem OSS dibangun dalam rangka percepatan dan peningkatan penanaman modal dan berusaha dengan cara menerapkan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Dengan sistem ini memberikan kemudahan dalam pendaftaran program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) kepada pelaku usaha.

Menurut Agus, sistem OSS sudah diterapkan sejak Juli 2018 untuk memudahkan administrasi badan usaha. "Bagi BPJS aplikasi OSS berguna untuk memudahkan badan usaha untuk mendaftarkan JKN KIS," tandasnya. (Qom)

BERITA REKOMENDASI