BPS Tunda Home Visit Penduduk Isolasi Mandiri

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Dalam sensus penduduk 2020, petugas Badan Pusat Statistik (BPS) Karanganyar menunda kunjungan ke rumah penduduk isolasi mandiri di wilayah rawan penularan Covid-19. Kroscek bukti kependudukannya sebatas ke Satuan Lingkungan Setempat (SLS).

Kepala BPS Karanganyar Dewi Trirahayu mengatakan mengatakan petugasnya tak bisa masuk ke rumah penduduk isolasi mandiri maupun ke wilayah kontak erat pasien positif Covid-19. Petugas hanya menemui SLS seperti ketua Rt, Rw, Kadus hingga kepada desa atau lurah.

“Masalah itu kami konsultasikan ke pak bupati. Petugas yang menemui kendala ini memang enggak disarankan turun sampai benar-benar aman. Krosceknya ke SLS namun tidak door to door,” katanya kepada KR usai sensus penduduk di rumah Bupati Juliyatmono di Tasikmadu, Selasa (8/9).

Dalam kroscek ke SLS, petugas menanyakan keberadaan warga berdomisili. Dewi mengatakan, sejak mengawali sensus penduduk di lapangan, petugasnya telah mendatangi 50 persen sasaran dari perkiraan jumlah penduduk 886 ribu jiwa.

BERITA REKOMENDASI