BPS Tunda Home Visit Penduduk Isolasi Mandiri

“Yang sudah clear baru 21,6 persen. Untuk perkiraan PPLS 2019 ada 886 ribu jiwa. Namun kondisi riil lapangan pasti berbeda,” katanya.

Nantinya data penduduk yang dihimpun ini akan dijadikan dasar perencanaan pembangunan 10 tahun ke depan. Bukan hanya ditingkat nasional namun digunakan sampai tingkat internasional, mengingat data BPS potensial acuannya.

Dewi mengaku optimistis sensus penduduk 2020 di Karanganyar selesai hingga 15 September mendatang. Persoalan selain terhadang Covid-19 juga keberadaan warga pendatang yang tidak menetap permanen. Ia mengaku bersyukur sejauh ini belum ada petugas mengeluh mengalami gejala terpapar Covid-19.

“Sekali rapid tes sekitar 850 petugas lapangan. Hasilnya non reaktif. Selama ini enggak ada keluhan apa-apa terkait kesehatannya. Lagipula mereka menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu memang anggaran BPS hanya untuk sekali rapid tes,” katanya.

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan petugas BPS masih memiliki waktu hingga 15 September, untuk home visit, jika saat ini menemui penduduk isolasi mandiri. Ia mendapat laporan hal itu di wilayah Desa Ngringo, Jaten.

“Sabar dulu sampai isolasi mandiri selesai. Memang benar data riil didapatkan saat door to door. Siapa saja yang tinggal di rumah itu dikroscek. Bisa ber-KTP setempat atau hanya domisili saja karena KTP luar kota. Enggak masalah,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI