Bronjongisasi di Kampung Langganan Banjir dan Longsor

SRAGEN, KRJOGJA.com – Warga Kampung Karangasem, Desa Karang Tengah, Sragen kota, selalu menjadi langganan bencana banjir dan longsor, karena berada di bantaran Sungai Garuda. Tidak ingin penderitaan warga terus terulang, Kodim 0725/Sragen mengerahkan pasukan, membangun talud bronjong tepat di bantaran sungai. Dibantu warga setempat, aparat TNI melakukan bronjongisasi tepat di belakang rumah Siti rahayu (65), janda tua yang tinggal di tepi Sungai Garuda, Dukuh Karangasem RT 2/5, Jumat (01/09/2017). 

Babinsa Karangtengah, Serda Ahmad Mujahidin mengungkapkan program bronjongisasi itu terwujud berkat usulannya yang mendapat masukan dari warga Karangasem yang selalu was-was setiap turun hujan. Hampir setiap tahun wilayah binaannya itu selalu diterjang banjir dan longsor. 

Dandim 0725/Sragen, Letkol (arh) Camas Sigit Prasetyo melalui Pasandi Letda Waskito menguraikan karya bakti bronjongsasi itu digelar dalam rangkaian HUT ke-72 TNI dan HUT RI. Kegiatan itu diprakarsai oleh Kodim bersama Korem dengan material batu dan bronjong disuplai dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Setiap hari satu pleton personel berjumlah 30 orang diterjunkan bergotong royong bersama warga. Pembangunan talud bronjong batu itu dimaksudkan untuk mencegah longsor yang mengancam rumah Siti Rahayu serta Jembatan Tangkil yang berada tepat di atasnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI