Buka KRTI 2021, Rektor UNS Dorong Mahasiswa Berinovasi

Editor: Agus Sigit

SOLO, KRjogja.com – Menghadapi kemajuan teknologi yang semakin pesat, generasi muda Indonesia dipacu untuk terus berinovasi melalui karya-karya di bidang sains dan teknologi. Salah satunya lewat Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang menjadi wadah generasi muda untuk mengasah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang aerodinamika.

“Kompetisi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa, kerjasama tim dan pemikiran kritis dalam mencari inovasi di bidang robotika dan kedirgantaraan,” kata Prof Dr Jamal Wiwoho, rektor UnIversitas Sebelas Maret (UNS) Solo dalam pembukaan KRTI 2021, Senin (15/11).

Dari ajang KRTI selanjutnya diharapkan dapat menciptakan paten yang bernilai komersial. Melalui fasilitas zoom 163 tim dari 61 perguruan tinggi siap bersaing menjadi yang terbaik. Juara KRTI tahun lalu direbut ITS Surabaya. Tropi juara telah disampaikan ke panitia untuk diperebutkan.

Prof Jamal berharap KRTI mampu memunculkan inventor dan penemu baru dibidang teknologi robot terbang di Indonesia, yang nantinya dapat memberi dampak besar bagi kemajuan berbagai bidang, misalnya kedirgantaraan, pertahanan, pemetaan wilayah, pertanian, termasuk pemantauan/pemeliharaan infrastruktur.

Kontes pesawat terbang tak berawak sangat memungkinkan bagi institusi pendidikan tinggi untuk saling membuka ruang kerjasama antar universitas yang lebih luas, khususnya untuk melakukan pengerjaan riset dan proyek independent mahasiswa dan dosen, melalui skema Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Sementara Kasub TU Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Muslich SSos mengatakan kegiatan ini bagian dari program Merdeka Belajar dalam melatih wahana terbang nir awak.-(Qom)

 

 

UNS

BERITA REKOMENDASI