Bumil Berebut Melahirkan Tanggal 17 Agustus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar memprioritaskan pembuatan akte kelahiran bagi persalinan pada tanggal 17 Agustus 2019. Prosesnya dijamin selesai di satu hari kerja. 

"Jika persalinan itu disampaikan langsung ke kantor dinas, akan langsung digarap dan selesai hari itu juga. Akta kelahiran bagi bayi yang lahir Sabtu, 17 Agustus 2019," kata Kepala Disdukcapil Karanganyar, Suprapto kepada KR, Sabtu (17/8). 

Pengurusan cepat akta kelahiran untuk persalinan di hari peringatan kemerdekaan RI, bukan berarti pengurusannya lambat untuk kelahiran di hari lain. Hanya saja, petugas memberi layanan lebih spesial pada kelahiran di tanggal 17. 

Lebih lanjut dikatakan Suprapto, tahun ini tidak dilaksanakan penyerahan akte kelahiran usai upacara bendera menyambut HUT ke-74 RI, kepada pemohon. Biasanya, itu menjadi acara spesial di upacara tingkat kabupaten di halaman kantor bupati selain penyerahan hadiah berbagai lomba. 

Dirut RSUD Kartini Karanganyar Wahyu Rohmadi Rahmad mengatakan enam bayi lahir selamat di rumah sakitnya bertepatan 17 Agustua 2019. Tiga lahir persalinan normal sedangkan lainnya operasi sesar. 

"Tidak ada kekhususan dari manajemen RS terkait kelahiran tepat 17 Agustus. Namun entah nanti dari pemkab," katanya. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI